Rocking Method

Sebuah metode yang agak primitif menurut saya, tapi efektif.
Secara sederhana masalah yang muncul ini adalah sebagai berikut :
 Level amine  di regenerator tiba-tiba drop sampai level Low-low yang jika dibiarkan akan menyebabkan Unit Shutdown (USD).
 Level di contactor yang dipertahankan 60% naik menjadi 65%.
Untuk mengejar level Regenerator ditambahkan Amine mixed ke regenerator, sampai diatas level low-low.
Tapi ada kejadian tak terduga level Regenerator yang sebelumnya kosong, tiba-tiba melonjak menjadi 100% hanya dalam waktu 4 menit !!!


Untuk menghindari regenerator overload/muntah, maka level pada regenerator dikirim ke penampungan amine dan sebagian dibuang (karena penampungan tak lagi sanggup menampung dengan kecepatan lonjakan level amine pada regenerator).
Dan kejadian diatas berulang terus sampai The Rocking Method ini diterapkan.
Prinsip The Rocking Method ini sederhana yaitu membuka dan menutup secara cepat gas (yang bertekanan tinggi) yang masuk ke contactor. Misalkan buka an valve gas ke contactor kita naikkan jadi 60% tiba-tiba kita tutup jadi 20%, dan hal tersebut dilakukan berulang-ulang sehingga bagian dalam contactor bagaikan dikocok-kocok, sehingga jika ada kotoran/gel/atau apapun yang bisa menyumbat bisa terkoyak/rontok/terbuka. Dan akhirnya aliran amine kembali normal setelah The Rocking Method diterapkan.
Sebuah metode berdasarkan triall & error, alias coba-coba. Dan ternyata berhasil. Oh yah, sebenarnya sumbatan bisa cepat dideteksi pada contactor dengan memperhatikan defferential pressure nya, dahulu sering tidak diperhatikan karena memang system masih baru sehingga kejadian diatas belum pernah terjadi, tapi dengan berjalannya waktu akumulasi kotoran menjadi masalah. Jadi selalu amati defferential pressure …  ^_^

 

1000 Characters left