Apasih HHO?

HHO = H2O :D

Lebih sering cenderung ke arah air untuk bahan bakar.

Membahas tentang Hubungan Hidrogen Generator, tidak lepas tentang pro dan kontra tentang cara ini. Yaitu pro kontra bahan bakar air. Ada yang bilang fakta dan ada pula yang bilang ini mitos. Terlepas dari itu semua, kalau menurut pendapat saya pribadi Hidrogen Generator bisa mitos dan fakta. Loh kok ?

Ya seperti itu karena kebanyakan mulai di lebih lebihkan. Misal dengan instalasi HHO generator bisa hemat BBM 40-50 %. Kalau ini saya jelas bilang ini mitos. Karena jumlah hidrogen hasil elekrolisis sangatlah sedikit, bahkan dengan berbagai optimasi. Anggaplah aki yang kita gunakan 12V, maka energi yang dipakai untuk proses elekrolisis hanya 2-3V selebihnya hanya meregenerasi panas. Proses elekrolisis sangatlah tidak efisien karena energi yang diberikan hanya di pergunakan 10% saja. 90 % energi terbuang.

Lalu apakah HHO generator hanya mitos? Untuk ini saya bilang HH O generator bekerja untuk memanfaatkan sisa energi dari sistem (mobil/motor) dan merubahnya menjadi Hidrogen untuk dipergunakan kembali. Ya logikanya awalnya nya energi yang tersisa 100% diam (terbuang?), Kemudian kita pakai untuk proses HHO generator. Maka di peroleh 10% energi yang dirubah jadi hidrogen dan oksigen. Jadi ?

Ya ini lebih kearah optimalisasi sistem yang sudah ada agar lebih efisien. Seperti halnya turbin gas/listrik yang memanfaatkan panasnya untuk steam turbin. Ya pendeknya, ini lebih ke arah optimalisasi sistem yang ada.

Ah sudah cukup sampai sini perdebatan tentang HHO, apalagi kalau bilang tingkat teknisnya. Bakal semakin panjang ini artikel nantinya. :) Maka itu saya cukupkan sampai disini dulu.

Apa bedanya wet dan dry system ?

Wet System Secara gampang nya listrik DC (+/-) berada dalam camber yang berisi gas hidrogen. Jadi satu bagian.

Dry system secara gampang nya liquid cuman lewat anoda dan katoda. Gas yang terbentuk di aliran ke bagian terpisah. Ada sirkulasi yang terjadi.

Dry system agak lebih kompleks, tapi lebih aman dari pada wet system. Kenapa? Misal arus short di dalam camber, kebetulan bagian atas yang berisi hidrogen. Bisa meletus kan ?

 

 

Rencana :

 

13 plates generator (12-14v)

2 negatif

5 netral X 2

1 positif 

 

Cangkang luar/penjepit = telenan plastik

Gasket = pakai terpal ? Karet ?

2 lubang bawah : masuk air

2 lubang atas : keluar gas

 

 

Kendala yg mungkin terjadi :

Aplikasi kan untuk motor. Listrik ngambil dari mana ya... 

1. Aki ? Tekor ?

2. Spull ? Supply ke kiprok tekor ?

3. Setelah kiprok ? Supply aki tekor ?

4. Apa pakai regulator dari 12v ke 5v ? Tidak optimal?

 

 

Plat yang di rekomendasikan sih plat stainless, tapi karena adanya seng galvalum (galvanis-aluminium) yang buat talang air. Ya sudah coba pakai ini dulu sajalah.

HHO Generator 1

 

HHO Generator 2

 

HHO Generator 3

Hasil akhirnya :

HHO Generator 4

Akhirnya waktu nya dicoba tes dengan multi tester.

Dan hasilnya? Gagal :(

Katoda dan anoda nya short/konek. Kemungkinannya karena gasket yang dipergunakan terlalu tipis. Sehingga karena plat terlalu tipis, jadi dia melengkung dan bersentuhan.

Solusi ideal nya : gasket buat lagi di double/triple supaya katoda dan anoda tidak bersentuhan.

Tapi solusi yang saya ambil : bongkar, dan plat dibuat untuk wet system :D . Karena untuk membuat gasket butuh waktu dan tenaga lagi, agak malas. Jadi akhirnya saya bongkar saja. :D

HHO Generator 5

Gambar lain untuk referensi :

HHO Generator ref 1

 

HHO Generator ref 2

 

HHO Generator ref 3

1000 Characters left