Berawal dari AC Rumah yang bermasalah dan coba mengakalinya. Walaupun akhirnya gagal, tapi dapat tambahan sedikit ilmu. InsyaAllah tidak ada yang sia sia. Jadi kepikiran untuk mengkombinasikan kawat nikelin dengan capacitor, karena efek samping dari kawat nikelin adalah pemakaian daya reaktif jadi lebih banyak. Makanya saya kepikiran untuk nambah capacitor. Ini gambar kondisi awal :

 

# Kemudian saya coba tambah capacitor 6uF

Sebelum :

6uF sebelum

Sesudah :

6 uF setelah

# Kemudian saya coba tambah capacitor 10uF

Sebelum :

 10uF sebelum

Sesudah :

 10uF sesudah

# Kemudian saya coba tambah capacitor 12uF

Sebelum :

 12uF sebelum

Sesudah :

12uF sesudah

 

Kesimpulan :

Untuk tiap rumah tentu akan berbeda hasil tergantung alat alat yang digunakan. Dan capacitor internal alat juga berpengaruh. Misal Ac rumah kalau nyala, maka nilai PF pasti naik. Dan untuk hasil dari coba-coba ini :

# Capacitor 6 uF = kurang banyak

# Capacitor 10 uF = kurang sedikit

# Capacitor 12 uF = lebih dikit

# Capacitor 20 uF = lebih nya banyak

maaf kenapa 20 uF ? karena dirumah adanya hanya ini. :D Dan kalau capacitor 20uF dipasang PF langsung drop / miss leading, jadi sekitar 55. Jadi pilihan tinggal 10uF atau 12uF. Awalnya saya pilih 12, tapi kadang-kadang PF drop. Jadi saya ganti 10uF. Tapi akhirnya saya balik memakai 12 uF, karena ternyata jaringan PLN kalau pas drop, PF bisa sampai 55. Jadi kalau pakai 10uF jadinya kurang. Ya disinilah pilihan kita masing masing mau pakai yang mana.

Oh ya, sebagai tambahan. Saya bukan orang listrik/elektro, jadi harap maklum kalau tidak bahas dasar teori. Ngga mudeng saya laughing. Kalau kata orang-orang pinter hasil perhitungan untuk listrik rumah 1300VA itu butuh capacitor 8-10uF (baca:mikro). Jadi ya saya coba-coba pakai capacitor yang ada. Buat tambahan capacitor paralel itu artinya tambah misal 10uF paralel dengan 12 uF totalnya jadi 22uF. Kalau seri kebalikan, misal 10uF seri dengan 10 uF totalnya jadi 5uF. Perhitungan berkebalikan dengan resistor ya.

Ok, selesai utak atik capacitor bank cool

Warning !!!

Capacitor yang dipakai yang non polar / arus ac , bukan DC / arus searah ! bisa meledak kalau pakai type DC !

Capacitor ini biasanya yang buat AC rumah, mesin cuci, kipas, dll

1000 Characters left