Top Social

Api kompor kuning

api kuning

Hari ini ortu dan mertua protes, kok komporku apinya warna kuning. Dan alhasil meninggalkan noda hitam pada peralatan masak. Dan dari situ aku mikir lagi, kenapa kok kuning?. Dan api kuning itu sejak awal beli, aku pikir karena masih baru jadi aku biarkan saja. Dan ternyata semapai sekarang masih begitu. Akhirnya aku baca-baca tentang kompor, akhirnya kutemukan jawabannya. Berikut caraku mengatasi api kompor yang berwarna kuning :

  1. Bersihkan kompor, terutama bagian tempat keluar gas/api. Karena jika daerah itu kotor sedikit saja, maka api akan langsung berubah kuning. Pada kuningan yang bisa dilepas bersihkan (rendam) dengan air cuka. Untuk membersihkan bagian-bagian kompor gunakan cairan tinner/bensin supaya minyaknya bisa larut dan bisa dibersihkan.
  2. Atur Valve / kran pengatus komposisi gas dan udara yang letaknya dibawah kompor, biasanya berupa lempengan besi dan ada kawat pegas (per) nya. Karena komposisi yang salah akan menyebabkan api kompor berwarna kuning.

Api berwarna kuning merupakan tanda bahwa pembakaran yang terjadi tidak maksimal (tidak sempurna) sehingga menyebabkan panas yang dihasilkan tidak maksimal dan alhasil gas menjadi boros. Jadi selalu perhatikan warna api pada kompor ya...

apibiru

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found