Top Social

Moisture content analyzer

303b-moisture-monitor

Kelembaban (Relative Humidity) adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan jumlah uap air yang ada di udara. Humidity biasanya memakai moiture content analyzer atau moisture analyzer untuk mengukur kadar moist untuk lingkungan tertentu, dalam instrument sendiri ini masuk analyzer, seperti halnya gas chromatograph.

Seperti halnya analyzer, moisture analyzer membutuhkan gas reference untuk zeroing seperti N2, sample untuk kalibrasi dan dan input dari yg akan diukur moisture content nya. Analyzer seperti hal instrument pada umumnya dilihat dari cara kerjanya, yaitu continuous dan on spot per sample, saya bicara continuous karena umumnya untuk persample lebih ke alat lab.

Alat yang umum lainnya adalah dew point analyzer, dgn alat ini bisa dihitung titik embun suatu sample. Instrument lain yang pernah saya pakai buat untuk ukur moisture adalah moisture analyzer merk ametek. Hasil yg diukur adalah berupa water content dalam ppm, bisa juga menghitung dew point tapi memerlukan input seperti pressure. Untuk moisture analyzer merk ametek menggunakan sensor quartz kristal mikrobalance yg memang sensitif thd moisture. Untuk gas reference memakai gas/udara input yg sudah dikeringkan sehingga moist = 0 . Ketika gas/udara yg akan diukur moisturenya masuk, quartz kristal akan bereaksi karena sifatnya yg menyerap moisture, maka massa yg menempel di lapisan coating dari quartz kristal ini yang akan dihitung, setelah itu quartz kristal juga akan dialiri gas/udara reference yang kering, dan massa yg terbentuk dilapisan coatingnya juga dihitung, perbedaan nilai antara dialiri gas/udara input dan gas/udara reference inilah yang akan dijadikan nilai atau hasil dari instrument moisture analyzer ini.

Leave your comments

Post comment as a guest

0
Your comments are subjected to administrator's moderation.
terms and condition.
  • No comments found