Top Social

Terra Preta

Kata kata yang masih asing di telinga saya, terra preta atau black soil atau black earth from amazon. Apa sih terra preta ? Seperti nya tidak ada yang bisa menjelaskan dengan gamblang apa itu terra preta. Ya kalau secara umum, terra preta adalah tanah yang berwarna hitam dari amazon. Yang sangat subur dan gembur. Tidak perlu lagi di tambah pupuk. Dan bagai tidak habis habis nutrisi yang ada dalam tanah itu. Luar biasa kan ?

Beberapa peneliti mencoba untuk mensintesa terra petra, tapi belum ada yang bisa menyamainya. Karena terra petra sendiri kemungkinan besar terbentuk sangat lama, bahkan ada yang bilang ratusan tahun.

Pendekatan yang paling logis adalah terra petra mengandung karbon dalam jumlah yang banyak. Dan dengan jumlah karbon yang banyak otomatis banyak terdapat rongga di dalam tanah itu. Nah dalam rongga rongga tersebut kemungkinan hidup ribuan bahkan ratusan jenis bakteri yang saling bersimbiosis satu sama lain membentuk sebuah ke seimbangan baru. Dengan masih alaminya tanah amazon, maka keseimbangan itu makin kuat dan stabil. Berlimpahnya sumber bahan organik dan ratusan jenis bakteri yang mengolahnya menjadikan tanah terra preta menjadi tanah yang ideal.

Itulah alasan kenapa tanah terra Preta sangat susah untuk di sintesa. Plus setiap daerah wilayah memiliki bakteri lokal yang berbeda beda. Bahkan ada yang bilang bahwa 80% bakteri yang ada dalam terra preta tidak di temukan di tempat lain.

Lalu apakah kita bisa membuat nya ?

Saya rasa susah untuk melakukan itu. Tapi pendekatan yang bisa kita lakukan adalah pertanian organik. Booster dengan bakteri lokal. Kemudian berusaha ciptakan keseimbangan dalam tanah tersebut. 

Dan bicara mengenai keseimbangan, bukan perkara mudah. Apalagi sekarang pertanian dengan produk2 instan lebih mudah untuk di coba. Daripada harus susah dan dengan prosentase kegagalan lebih besar.

Contoh yang sudah ada adalah aquaponik. Anda tahu berapa lama aquaponik itu bisa mencapai keseimbangan nya ?

Beberapa referensi mengatakan 6 bulan adalah waktu minimal, tanpa ada gangguan yang terlalu ekstrim !!!

Aquaponik dibawah 6 bulan sangat tidak stabil. Mudah goyah. Mudah terganggu. Tapi kalau aquaponik berhasil mencapai keseimbangan nya... Maka saya ucapkan... Selamat, anda luar biasa. Karena anda baru berhasil menciptakan tiruan alam dalam skala kecil.

Intinya ?

Mari berkebun dengan cara organik. Bagi para penghobi, biasanya tidak ada masalah. Karena bukan "hasil" yang di kejar tapi menikmati "proses" yang terjadi.

Tapi jika berhasil dengan cara "organik" dan hasilnya melimpah maka itu adalah kepuasan tersendiri :)

So... Jangan pernah patah sangat...

Mulai saja dari yang kecil... 

Saat kita tahu "celah2nya" baru tambahin skala nya perlahan. Insyaallah menyenangkan.... :)

/W91SeSI2Wq8

Leave your comments

Post comment as a guest

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
terms and condition.
  • No comments found