Top Social

Membuat tampungan hujan (Rain barrel)

Terinspirasi dari artikel tentang rain barrel akhirnya saya keracunan juga untuk mencoba membuatnya. Kebetulan dirumah ada drum 200L yang nganggur, belum terpakai. Tinggal beli alat alat yang kurang. Dan kurang lebih jadi seperti ini :

rain barrel

Untuk lubang overflow sengaja tidak saya buat dahulu, karena saya pengen tahu seberapa parah efek overflow nya. Karena di belakang drum itu ada pohon rambutan yang tidak kena hujan tanahnya. Jadi kalau ada overflow, harapannya sebagian bisa untuk tanaman itu. Sementara masih di amati. Oh, iya untuk input (T) ada yang langsung kebawah saya tutup dengan tutup permanen. Tapi tidak pakai lem. Jadi air masih rembes. Gunanya untuk buangan air hujan yg pertama kali turun ( yang notabene sangat kotor), dari rembesan itulah air hujan awal bisa terbuang.

Update :

Subhanallah, air hujan yang jatuh dan ditampung ini bisa di manfaatkan untuk banyak hal. Pas kemarin hujan, drum kapasitas 200L ini langsung penuh. Bisa buat siram tanaman, bisa buat bilas bilas. Bisa buat nambah air kolam ikan, dan banyak lagi. Pengen buat satu lagi... Tapi ada proyek mini lain yang pengen saya buat terlebih dahulu ... :)

See U Later... Bye

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
terms and condition.
  • No comments found