Top Social

Mulai tanam sajalah

aquaponik start

Sudah tidak sabar buat nanem di aquaponik nft ini. Akhirnya cari bibit tempat saudara yang kebetulan punya bibit tanaman berlebihan. Tapi bibit cabai.... :(

 Cabai menurut saya termasuk hard level. Kenapa ? Karena saya selalu gagal sewaktu tanam di tanah. Sekali dua kali berbuah bagus. Habis itu keriting dan mati. :(

Tapi karena adanya bibit ini ya bismillah semoga saja mau hidup... :)

Soalnya kalo harus mulai dari pembibitan bakal lama prosesnya. Makanya saya paksa pakai bibit seadanya... :) Mana saya punya pengalaman buruk tentang persemaian.

Percobaan gagal bagian 01

Percobaan gagal bagian 02

Untuk percobaan gagal bagian 02, hanya cabai kalau tidak salah yang berhasil bertahan. Karena botol pelindung buat tanaman di embat sama pemulung gila :( . Tapi ya sudahlah, kita harus terus move on.

Dalam percobaan ini saya pesimis untuk berhasil, tapi rasa penasaran dan ketersediaan bibit cabai yang melimpah. Membuat saya memilih bibit cabai ini.Gagal atau berhasil insyaallah dapat ilmu. Tidak ada yang sia-sia, semua ada hikmah yang insyaAllah bisa diambil.

# 09 Februari 2018 #

Benih cabai mulai di aplikasikan ke sistem aquaponik :

tebar benih

Sisa benih cabai : (bingung mau di buat di aplikasikan dimana)

sisa benih

# 10 Februari 2018 #

Alhamdulillah dapat ilmu tambahan. 2 net pot bibit cabai kering. Setelah di cek ternyata akar kurang terendam dalam air. Jadi untuk penanaman bibit, posisi akar harus terendam air. Ok, kemudian bibit cabai yang kering dicabut dan di ganti dengan bibit cabai yang segar.

 

# 05 April 2018 #

cabai.end

Akhirnya sesuai perkiraan tanaman cabai klorosis parah. Sepertinya percobaan pertama gagal... He..he..

Pelajaran :

Lihat dulu jenis tanamannya. Tipe akar. Kalau buah buahan kebanyakan butuh nutrisi tinggi. Untuk nft hidroponik dengan pupuk ab mix mungkin bisa. Tapi untuk Aquaponik ada batasan tds yang bisa membuat ikan mati. Keseimbangan tetap harus di jaga. Jadi kalau nft untuk Aquaponik lebih baik sayuran yg dengan model akar pendek.

Tapi untuk sistem growbed beda lagi. Karena dengan growbed nutrisi bisa ditahan oleh growbed dan hasilnya pasti lebih maksimal. Mungkin untuk growbed bakal saya coba di lain kesempatan. Ok, see u later... :)

 

 

 

Leave your comments

Post comment as a guest

0 Character restriction
Your text should be more than 10 characters
terms and condition.
  • No comments found